Okaay.. lanjut dan masih mengenai media. kali ini gua akan membagikan pengetahuan lagi tentang media massa, yaitu pasar media.
Pasar media terdiri dari 2, yaitu :
-Pasar Fisik
-Pemasang iklan
-Intelektual
Nah itu merupakan hal yang ada di pasar media. Keduanya saling berhubungan. Kalau hanya cuma besar tiras tetapi pasar
iklan tidak ada maka media tersebut akan mati.
Sebuah media akan menjual "TRUST" atau kepercayaan. Sementara itu, intelektual mengutamakan pamor dari nama penulisnya.
Ada juga pasar lain, yaitu pasar yang tidak diharapkan dan juga pasar koran bekas, yaitu koran yang diretur karena tidak laku.
Jaman dahulu terdapat koran yang terbit pada sore hari. Mengapa sekarang koran yang pada sore hari tersebut tidak pernah muncul lagi? Ternyata koran tersebut tidak dikonsumsi oleh masyarakat desa. Pengiriman yang jauh dan lama menjadi berita menjadi tidak fresh dan sudah basi sehingga tidak ada yang membeli dari masyarakat desa. Selain itu, di kota juga sama rata-rata orang yang ingin membaca koran adalah pagi hari. Ketika sore orang-orang sudah capek dan tidak ada keinginan lagi untuk membaca koran. Contoh koran-koran tersebut adalah : "Sinar Harapan", "Suara Pembaharuan".
Sebuah koran tidak bisa diramal akan mati atau tidak. Parameternya adalah sebagai berikut:
1. Kontennya bisa dipercaya atau tidak
2. Keinginan konsumen
3. Estetika korannya
Suatu koran akan menarik jika:
1. Faktual
2. Berita Terkini
3. Dekat dengan masyarakat
4. Pertimbangan geografis
5. Aktual/terpercaya
6. Ekonomi Masyarakat
7. Demografis/Golongan
Dari pertimbangan tersebut akan memengaruhi konten atau iklan dari koran tersebut.
Tiras besar bila tidak diiringi oleh pengiklan akan mengalami kebangkrutan.
Sebuah koran juga harus menentukan target pasarnya. Karena, kalau tidak spesifik pengiklan akan tidak mau mengiklan di koran tersebut.
Koran juga harus bersifat netral, tidak bisa dipengaruhi oleh politik, agama, atau ras tertentu.
Pasar intelektual adalah koran yang ditentukan oleh penulis. Apakah seorang profesor mau menulis di "PosKota"(koran jurnalisme kuning)?
Sebuah koran juga tidak boleh terlalu spesifik, karena kalau terlalu spesifik akan tidak laku juga. Jadi lebih baik menyasar 2 golongan. Misalnya, Golongan AB atau BC.
Bagaimana menentukan pasar iklan?
Contoh sebuah Koran X Nasional memasang iklan 2.500.000.000 dan untuk tiras 500.000
Sementara Y Lokal memasang iklan 100.000.000 untuk 10.000
Lebih murah di koran X, target lebih banyak.
*CPM = Cost Per Mil
X
2.500.000.000/500.000=5000/orang
Y
100.000.000/10.000=10.000/orang
Jadi lebih murah di koran X, dengan target lebih banyak.
Bagaimana menghitung iklan pada media
penyiaran?
Sebelum mendirikan media, harus riset pasar
terlebih dahulu. Geografisnya, demografisnya. Cari data primer dan sekunder.
Data primer adalah data yang kita dapatkan sendiri. Sementara data sekunder
adalah data yang kita dapatkan dari lembaga penelitian lain. Media penyiaran
100% pasarnya adalah pasar iklan. Tidak ada fisik.
Kemudian pertimbangan nilai tukar rupiah
dengan uang asing. Karena peralatan masih banyak yang berasalh dari luar.
Ketersediaan sumber daya (reporter, redaktur, dll).
Perusahaan media dalam 1-2 tahun pasti
harus suffering karena pengiklan tidak datang dengan cepat.
0 komentar:
Posting Komentar